Kamis, April 26, 2018
Text Size

Search

Update Berita

SSL to secure from hacker attacks

Open-source software developer Kai Engert has proposed an overhaul to the Internet's SSL...

Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

Ada situasi ketika menggunakan internet kita harus benar-benar hemat dengan penggunaan bandwidth ...

Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan, Presiden Jokowi sangat...

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

.   Kompas.com - Megawati menasihati Ahok agar tidak terlalu banyak bicara. Mengingat kondi...

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе.       Pаdа zаmаn yаng sаngаt k...

  • Tips mengatasi bosen dalam pekerjaan

    Kamis, 01 November 2012 07:48
  • Grunt Mars probe stranded in Earth orbit

    Kamis, 10 November 2011 09:40
  • SSL to secure from hacker attacks

    Senin, 27 Februari 2012 21:09
  • Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

    Minggu, 23 September 2012 18:03
  • Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

    Kamis, 30 Maret 2017 19:45
  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

    Kamis, 30 Maret 2017 19:54
  • Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

    Kamis, 30 Maret 2017 20:09
TIPS PERAWATAN HARDDISK
SocialTwist Tell-a-Friend

TIPS PERAWATAN HARDDISK

Penilaian Pengunjung: / 7
KurangTerbaik 
Belajar Mengenal Harrdisk

Salah satu hardware kompuer yang paling rentan dengan kerusakan, salah satunya adalah HDD(Hard Disk Drive). Bagaimana tidak? Selama komputer dihidupkan, maka harddisk selalu diakses oleh sistem. Ya, biasanya pabrik pembuatnya sudah menaksir umur pakai harddisk. Nah, tugas kita adalah menjaga performa dan kesehatan harrdisk agar umurnya bisa sampai pada batas pakai yang seharusnya?


Struktur Fisik Harddisk

Secara fisik, kalau kita pretelin sebuah harddisk, maka kita bisa lihat, sebuah susunan piringan logam yang dilengkapi dengan jarum pencari data(head) yang berderak pada tuasnya, ya…konsepnya mirip seperti perangkat piringan hitam yang jadul abis. Secara sistem kerjanya, ruang simpan harddisk terdiri dari jalur-jalur berbentuk lingkaran konsentrik yang kita sebut track. Jalur ini tersusun atas ruas-ruas yang istilahnya cluster. Nah, kerusakan pada bagian cluster inilah yang sering kita sebut dengan bad sector. Pada tahap awal, kerusakan seperti mungkin masih bisa diperbaiki dengan menggunakan software seperti Disk Manager atau semacamnya. Tetapi cara seperti itu biasanya hanya memperpanjang sedikit usia dari harddisk kamu. Umumnya harddisk yang sudah berumur lebih dari dua tahun kemungkinan mengalami masalah seperti ini. Ya, kalau sudah sakit seperti itu lebih baik cepat-cepat cari penggantinya, daripada kerburu rusak parah dan data-data kamu hilang semuanya.


Kerusakan Pada Harddisk

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan bahwa harddisk terdiri dari piringan dan head. Kedua bagian ini sangat sensitif dengan yang namanya guncangan, medan magnet dan gangguan listrik. Intermezo sedikit, pernahkah kamu mendekatkan sebuah magnet pada pita kaset lagu kesayangan kamu? Pasti kalau dilakukan, kaset itu langsung rusak.

Ya, prinsipnya sama seperti harddisk. Pengaruh medan magnet dapat merusak harddisk, jadi berhati-hatilah. Yang kedua, head pada harddisk harus berada pada titik data yang benar. Jika terguncang, maka head pada harddisk bisa bergeser dari tempatnya, kalau sudah begitu harddisk bisa rusak. Satu lagi yang membuat harddisk bisa shock yaitu putusnya aliran listrik secara tiba-tiba, karena dengan putusnya listrik maka, head tidak kembali ke posisi yang seharusnya yaitu kondisi pada saat harddisk dimatikan secara normal.Ya, kalau tidak mau cepat-cepat wasallam sama harddisk kamu, matikanlah harddisk dengan proses yang normal.

Kalau di Windows, ya di shutdown atau di hibernate aja. Lindungilah harddisk kamu dari benturan dan guncangan supaya harddisk tidak cepat rusak. Yang ketiga adalah kondisi harddisk, panas yang disebabkan oleh putaran piringan harddisk yang berebihan, akan seiring dengan kerusakan harddisk. Untuk yang seperti ini kita hanya bisa menjaga saja supaya harddisk tidak terlalu panas. Caranya nanti saya bahas pada tips-tips setelah ini. Kerusakan lainnya adalah kerusakan yang bersifat logika. Contohnya kesalahan dalam pemformatan harddisk, atau virus yang bisa memaksa harddisk melakukan booting terus-menerus seperti brontok, Boo, CIH beserta variannya, dan sebagainya. Bagian yang paling sensitif rusak pada harddisk adalah pada MBR nya(Master Boot Record) letaknya ada di bagian yang paling depan dari piringan harddisk.

Kalau bagian ini rusak maka haddisk tidak bisa booting. Pada saat komputer dihidupkan, tiba-tiba ada tulisan ‘primary master boot failrue’ ada kemungkinan bagian MBR nya rusak. Yang membuat MBR rusak adalah kesalahan pemformatan atau serangan virus seperti yang sudah saya sebutkan. Konsepnya, virus seperti ini punya kemampuan untuk menyembunyikan partition table. Informasi aja, partition table kita bayangkan saja seperti peta.

Peta ini isinya adalah alamat-alamat data pada harddisk. Misalnya track berapa, cluster mana, sector berapa sampai berapa dan sebaginya. Kalau rusaknya bersifat fisik misalnya karena bad sector, harddisk cuma bisa dipakai untuk menyimpan data saja, tidak bisa dipakai untuk booting sistem operasi. Itu juga kemungkinan paling bagus, karena kemungkinan kedua adalah harddisk langsung rusak total. Ya, begitulah sekilas informasi tentang harddisk yang praktisnya sensitif rusak.

Perawatan harddisk, mungkin akan membuat harddisk lebih awet. Berikut ini ada tips-tips yang bisa kamu lakukan pada PC di rumah masing-masing, mungkin bisa dijadikan langkah preventif agar harddisk tetap sehat.
1. Sisakanlah ruang kosong pada harddisk paling tidak 20 persen dari kapasitas total harddisk. Maksudnya supaya harddisk dikasih ruang napas. Kalau kamu mau, kamu boleh membersihkan file-file temporary. Dari menu Start >>Program >>Accessories >>System Tools >>Disk Cleanup. Pilihlah drive C:\ lalu klik OK.
ImageHapuslah item-item sampah seperti temporary files, temporary internet files, recycle bin dan item-item yang kamu rasa tidak dibutuhkan.
2. Usahakan agar voltase listrik di rumah stabil. Kalau di rumah kamu sering mati listrik, pakailah UPS(Uninterruptible Power Supply), supaya kalau tiba-tiba listrik mati paling tidak kamu punya waktu beberapa menit untuk lakukan Shutdown atau hibernate. Setidak-tidaknya gunakanlah stabilizer untuk menormalkan voltase listrik pada 220Volt atau 240Volt.
3.Aturlah konfigurasi sleep dan hibernasi pada sistem. Fungsi ini akan memperlambat putaran piringan harddisk, mengurangi kerja head, dan mengurangi pasokan daya listrik ke harddisk pada saat komputer dibiarkan menyala. Dengan begitu kita bisa mengurangi panas yang yang berlebihan pada harddisk. Caranya dari menu Start>>Setting>>Control Panel>>Power Options. Aturalah Setting pada Power Schemes dan aktifkan fungsi hibernasi pada tab Hibernate.
Image
4.turlah ventilasi dalam casing CPU kamu. Ringkaslah posisi kabel sebisa mungkin supaya tidak menghalangi aliran udara. Kalau perlu tambahkan kipas heatsink yang mengarah pada harddisk untuk mendinginkannya.
5. Membuat beberapa partisi pada harddisk untuk memisahkan file-file sistem dengan file-file data. Simpanlah data-data kamu pada partisi yang berbeda dengan pastisi sistem. Misalnya partisi C:\ untuk Windows, lalu partisi D:\ untuk data. Dengan begitu kamu jangan menyimpan data di folder my documents. Ini akan membuat harddisk lebih teratur dalam pengaksesan data. Akan terlihat jelas jika kamu menginstalasi OS Linux dan distronya, di sana pembagian partisi akan menjadi prioritas utama dalam instalasi sistem. Selain itu, kalau kamu harus menginstall ulang sistem, kamu tidak perlu membackup dulu data-data kamu. Tinggal format aja C:\ nya.
6.Periksalah kondisi harddisk menggunakan disk tool seperti check disk dan disk defragment yang tersedia dari Windows. Tetapi jangan terlalu sering, karena jujur saja kalau berlebihan akan membuat harddisk cepat soak. Untuk defragment ya lakukanlah kalau sistem sudah terasa mulai melambat. Sedangkan Checkdisk akan run secara otomatis kalau sistem bermasalah dikarenakan mati listrik tiba-tiba atau proses shutdown yang tidak normal. Cara manual untuk lakukan defrag dan checkdisk yaitu dari Windows Explorer , klik kanan pada drive yang ingin diperiksa, lalu pilih Properties. Pada tab Tools pilihlah defragmentasi atau pengecekan. Kalau ada perintah harus restart, ya restart aja. ‘Ga masalah.
Image
7.Satu lagi, apabila saat kamu menghidupkan komputer terjadi kegagalan I/O terutama masalah Kartu Grafis yang kedor, biasanya akan ada bunyi beep yang menandakan bahwa VGA card kendor atau tidak pas pada posisinya, "JANGAN LANGSUNG MENEKAN TOMBOL POWER YANG ADA DI CASING CPU" itu juga bisa merusak harddisk.
Alasannya kenapa tidak boleh, karena pada waktu terjadi seperti itu, OS berjalan layaknya kondisi normal, harddisk tetap muter alias bekerja seperti biasa. Yang gagal hanya I/O grafisnya saja. Kalau langsung dimatikan pakai tombol power di casing, file-file sistemnya bisa jadi korup. Alhasil komputer suka hang terus nantinya.

Beda kasusnya kalau kartu RAM yang kendor. Kalau kartu RAM yang kendor maka OS tidak berjalan dan harddisk belum bekerja untuk ngebooting OS. Jadi aman-aman aja langsung mematikan komputer dari power di casing.

Tapi kalau kartu grafisnya yang kendor, ada trik untuk mematikan komputer secara aman. Caranya tunggulah beberapa saat kira-kira selama proses startup windows berjalan. Terus kamu coba tekan tombol Power yang ada di keyboard. Nah tunggu sampai komputer mati otomatis. Abis itu baru betulin posisi kartu garafismu. Lebih Aman kan? Ya kalau memang keyboardmu masih versi lama, yang ga ada tombol powernya yaa apa boleh buat. Makanya ganti dong sama yang baru. Paling-paling harganya di bawah 50 rebuan. Murah demi keamanan. Thank you.
Comments
Add New Search
Anonymous   |202.148.22.xxx |2010-02-04 10:05:59
Ninja cyber  - Arashi kensho   |125.166.201.xxx |2010-08-23 02:49:47
Blogwalking.. Salam knal yaa
asdf  - HDD terguncang dalam keadaan mati   |110.137.228.xxx |2010-09-15 01:10:12
Kalau HDD laptop terguncang di saat laptop dalam keadaan mati selama masa
perjalanan dengan sepeda motor... bisa rusak juga ga HDD-nya ?
Moderator Website  - Notif Comment Web Publish   |110.137.228.xxx |2010-09-15 01:13:11
sebagai hdd laptop telah di bekali dengan fitur anti kocangan. sehingga
hdd
tersebut jarang rusak jika anda mengendari kendaran sepeda motor,
pastikan
juga laptop yang anda bawa di lengkapi tas untuk melindung laptop anda
dari
hal yang tidak di inginkan. misalnya ketika hujan maka laptop yang
anda
sebaiknya jangan terkena air hujan bisa mengakibatan air akan masuk
ke
bagian yang paling sensitif terkena
air

======================================

Untuk mengkoment...
xxx  - harddisk rusak   |110.137.226.xxx |2010-09-29 15:56:50
saya hnya main game yg memory nya kecil (plant vs zombie), tapi knpa masi ngadat
y?
klau saya lihat di cpu meter nya ketika ngadat naik tinggi,lalu kmudian
turun lagi stabil... kjadian itu brulang2 trus... itu knp y?
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

Century Masuk Babak Baru
20/11/2012 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Ketua dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad (tengah), Bambang Widjojanto (kiri), dan Busyro Muqoddas mengikuti rapat dengan Tim Pengawas DPR untuk Pelaksanaan Rekomendasi [ ... ]


Installasi Mail Server
08/03/2010 | Indra Febria Widy
article thumbnail

1. Installasi Qmail



Berikut ini akan dijelaskan tentang cara Installasi Qmail dengan berbagai cara.

Cara berikut merupakan cara manual :

1. Ambil source dari http://ftp.qmail.org/pub/software untuk di  [ ... ]