Minggu, Juni 16, 2019
Text Size

Search

Update Berita

SSL to secure from hacker attacks

Open-source software developer Kai Engert has proposed an overhaul to the Internet's SSL...

Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

Ada situasi ketika menggunakan internet kita harus benar-benar hemat dengan penggunaan bandwidth ...

Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan, Presiden Jokowi sangat...

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

.   Kompas.com - Megawati menasihati Ahok agar tidak terlalu banyak bicara. Mengingat kondi...

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе.       Pаdа zаmаn yаng sаngаt k...

  • Tips mengatasi bosen dalam pekerjaan

    Kamis, 01 November 2012 07:48
  • Grunt Mars probe stranded in Earth orbit

    Kamis, 10 November 2011 09:40
  • SSL to secure from hacker attacks

    Senin, 27 Februari 2012 21:09
  • Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

    Minggu, 23 September 2012 18:03
  • Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

    Kamis, 30 Maret 2017 19:45
  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

    Kamis, 30 Maret 2017 19:54
  • Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

    Kamis, 30 Maret 2017 20:09
Tips menghemat pulsa internet
SocialTwist Tell-a-Friend

Tips menghemat pulsa internet

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Apakah Anda pengguna internet. Bagaimana dengan pulsa internet Anda? Membengkakah atau normal-normal saja? Nah, agar Anda bisa menghemat pulsa internet Anda mesti simak kiat dari pakar internet ITB, Onno W. Purbo. Nah, berikut tips ala Onno W. Purbo:

Prinsip yang harus dipegang erat-erat sangat sederhana, usahakan semaksimal mungkin agar kegiatan yang kurang produktif dilakukan secara offline dan meminimalkan hal-hal yang sifatnya entertainment.

Sebaiknya jangan atau minimalkan akses ke web, jangan menggunakan free mail lewat web dan jangan melakukan IRC (chatting). Ketiga jenis aplikasi paling populer ini justru yang paling memakan pulsa paling besar. Onno juga membagi pengalamannya. Untuk akses email dan akses web. Untuk email dia menggunakan account POP e-mail di ISP yang dibayar Rp.30.000 per bulan merupakan bagian dari jasa ISP kepada pelanggannya. Kelihatannya mahal karena kita bayar Rp.30.000. Tapi dengan membayar tadi Onno bisa menggunakan email client software seperti Outlook Express, Eudora dll. untuk mengatur semua mailnya. Onno dapat mengetik atau mempersiapkan semua berita secara offline.

Demikian juga pada saat Anda membaca mail, karena Outlook Express & Eudora memungkinkan untuk menyimpan semua mail Anda di harddisk lokal maka Anda dapat membaca mail secara offline tanpa perlu takut pulsa telepon.

Dengan cara sederhana ini maka sangat menghemat pulsa Telkom yang sangat mahal. Pulsa telkom hanya digunakan pada saat proses pengiriman dan pengambilan mail saja. Caranya pun sederhana sebetulnya setelah semua berita siap untuk dikirim, maka kita cukup menekan tombol send & receive di Outlook Express untuk mengirimkan dan mengambil semua mail dari ISP. Outlook Express bisa di set agar hubungan ke ISP langsung secara automatis putus (auto-disconnect) sesaat setelah semua mail sudah dikirim dan mail dari POP account di ISP sudah di ambil.

Bayangkan untuk mengirim atau menerima sekitar 200-600 mail Onno hanya membutuhkan waktu sambungan ke ISP melalui telkom sekitar 5 menit saja. Biaya per menit ke internet sekitar Rp. 150 / menit (Rp.75 untuk Telkom & Rp. 75 untuk ISP-nya). Artinya per hari Onno mengeluarkan biaya Rp. 1000-2000 untuk e-mail saya, sebuah biaya yang murah untuk mengirim 600-an mail / hari.

Berbeda dengan jika Anda menggunakan e-mail seperti hotmail.com, yahoo.com, usa.net yang semua-nya berbasis web. Untuk free email yang berbasis web tersebut maka mau tidak mau Anda harus menyalakan telepon dan menghubungkan diri ke internet pada saat membaca mail, menulis jawaban, menulis mail, mengirim mail. Onno yakin dalam waktu 5 menit paling banter Anda hanya bisa mengirim atau membaca sekitar 2-5 surat saja. Tentunya hal ini akan berdampak sangat buruk pada tagihan pulsa Telkom maupun ISP Anda.

Yang lain yang sering membuat orang pusing adalah kalau anda hanya punya satu komputer yang dipakai bersama-sama bagaimana cara-nya supaya mail setiap orang berbeda dan tidak dibaca oleh yang lain? Di Windows98 sudah di sediakan fasilitas untuk multi-user baik windows- nya yang multi-user maupun di microsoft outlook express-nya fasilitas tersebut memungkinkan satu buah PC digunakan beramai-ramai oleh banyak orang tanpa bisa satu orang membaca mail orang yang lain karena di proteksi menggunakan password.

Bagaimana dengan akses web? Langsung di klik menuju URL yang dituju. Onno tidak akan membaca secara detail informasi yang di peroleh pada saat browsing tapi Onno akan mengirimkannya melalui email ke accountnya di indo.net semua halaman informasi yang saya peroleh pada saat browsing dengan cara itu saya bisa membaca semua informasi setelah semua masuk ke laptop saya via e-mail dan tidak perlu takut argo berjalan.

Jika Anda menggunakan PC atau laptop sendiri untuk browsing fasilitas sinkronisasi di internet explorer akan sangat membantu untuk menyedot informasi dari web untuk nantinya dibaca secara offline. Hal ini sering Onno lakukan dengan laptopnya. Jadi fasilitas sinkronisasi akan menyedot semua URL yang Onno spesifikasikan dan dapat Onno set supaya nantinya dapat dibaca secara offline. Dengan cara itu sangat effisien untuk menghemat pulsa juga.

Nah, begitulan strategi menghemat pulsa dari Onno. Anda ingin mencobanya? Mudah-mudahan hal yang sama dapat berlaku untuk Anda. Selamat berhemat ria!

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

Iran Khawatirkan Pengucilan Dalam Sidang KTT Nuklir
09/05/2010 | Indra Febria Widy
article thumbnail

  Undangan makan malam Iran pada seluruh 15 anggota Dewan Keamanan PBB pada Kamis merupakan tanda lain bahwa Teheran khawatir atas pengucilan internasional, kata seorang pejabat tinggi AS [ ... ]


Apakah Google Membuat Orang Menjadi Bodoh?
21/02/2010 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Beberapa pengamat menyebutkan kalau mesin pencari Google membuat sebagaian besar orang menjadi bodoh, karena kemudahaannya membuat orang malas mencari informasi. Namun, hal tersebut dibantah [ ... ]