Kamis, November 23, 2017
Text Size

Search

Update Berita

SSL to secure from hacker attacks

Open-source software developer Kai Engert has proposed an overhaul to the Internet's SSL...

Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

Ada situasi ketika menggunakan internet kita harus benar-benar hemat dengan penggunaan bandwidth ...

Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan, Presiden Jokowi sangat...

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

.   Kompas.com - Megawati menasihati Ahok agar tidak terlalu banyak bicara. Mengingat kondi...

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе.       Pаdа zаmаn yаng sаngаt k...

  • Tips mengatasi bosen dalam pekerjaan

    Kamis, 01 November 2012 07:48
  • Grunt Mars probe stranded in Earth orbit

    Kamis, 10 November 2011 09:40
  • SSL to secure from hacker attacks

    Senin, 27 Februari 2012 21:09
  • Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

    Minggu, 23 September 2012 18:03
  • Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

    Kamis, 30 Maret 2017 19:45
  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

    Kamis, 30 Maret 2017 19:54
  • Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

    Kamis, 30 Maret 2017 20:09
Posting Member Apakh perlu menghindar gosip di ruang kerja
SocialTwist Tell-a-Friend

Apakh perlu menghindar gosip di ruang kerja

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Untuk sebagian karyawan, gosip adalah bagian dari everyday routine. Hampir tiap hari kita berhubungan dengan asumsi dan obrolan mengenai keadaan perusahaan, kebijakan manajemen yang dirasa merugikan, bahkan kehidupan pribadi bos kita. Sepertinya tidak ada orang yang tidak menyukai gosip walaupun seringkali tidak terbukti kebenarannya.

Disaat seperti ini, ketika keadaan ekonomi sedang tidak menggembirakan dan banyak perusahaan harus menyerah pada pilihan mem- PHK sebagian karyawannya, sangat sulit untuk menahan pergerakan gosip negatif di kantor. Gosip mengenai siapa yang akan dipecat, siapa yang memegang posisi tertentu, masalah pemotongan gaji, akan jadi pembicaraan santer di tempat kerja.

Sebuah penelitian membuktikan,63% responden setuju bahwa gosip membawa pengaruh negatif bagi suasana kerja. Karyawan yang merasa insecure dengan posisi mereka di kantor, akan merasa semakin tidak nyaman diantara simpang siurnya gosip yang beredar. Akibatnya kinerja dan semangat mereka akan semakin menurun. Keadaan ini pada akhirnya mau tidak mau akan mempengaruhi produktifitas perusahaan, moral karyawan lainnya, dan tentu saja suasana kondusif di lingkungan kantor.

Efek lain dari gosip yang beredar adalah hilangnya kepercayaan dari karyawan terhadap perusahaan. Mereka merasa perusahaan sedang menghadapi sesuatu yang mungkin saja krisis, namun manajemen tidak mengkomunikasikan hal tersebut kepada karyawan.

Gosip memang tidak bisa dimusnahkan begitu saja, yang bisa dilakukan manajemen adalah meredam perkembangannya sehingga tidak membahayakan kinerja kerja karyawan dan produktifitas perusahaan. Berikut tips yang bisa dilakukan seorang pemimpin untuk meminimalisir efek negatif gosip.

  1. Komunikasikan setiap perkembangan positif yang ada di perusahaan.

    Sampaikan bila ada perubahan manajemen, tren di nature of business perusahaan, produk baru perusahaan, karyawan yang masuk dan keluar. Berikan kesan pada karyawan bahwa mereka adalah bagian dari keluarga besar perusahaan.

  2. Be visible.

    Jadilah pemimpin yang bisa ditemui dengan mudah oleh karyawan Anda sehingga mereka merasa memiliki akses untuk mengkonfirmasikan atau menanyakan sesuatu, baik gosip maupun bukan. Interaksi setiap hari adalah hal yang wajib. Karyawan seharusnya merasa bahwa pemimpin mereka mengetahui perkembangan pekerjaan mereka. Pemimpin yang “sembunyi” di ruangan dan susah ditemui malah akan menambah asumsi negatif dari karyawan dan meng-encourage pertumbuhan gosip.

  3. Adakan pertemuan informal one on one dengan karyawan –karyawan yang Anda percaya.

    Seringkali kedekatan pribadi membuat mereka lebih membuka diri mengenai gosip-gosip yang beredar di kantor. Sehingga sebelum satu gosip berkembang menjadi hal yang merugikan kinerja karyawan Anda, Anda bisa memberikan counterback untuk meredam efek buruknya.

  4. Hentikan kompetisi di internal perusahaan.

    Persaingan sebenarnya hanya akan memecah departemen dan karyawan dan merupakan bahan gosip yang empuk. Alih-alih melaksanakan tugas dan mengejar target yang ditentukan perusahaan, karyawan akan lebih sering disibukkan dengan politik persaingan mereka.

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

MNC group menjual IPO Indovision
09/07/2012 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Perusahaan televisi berbayar 'Indovision', PT MNC Sky Vision telah melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) pada 29 Juni hingga 3 Juli 2012. Permintaan terhadap saham MNC Sky  [ ... ]


Binggung menggunakan Super Komputer, Ipad 2 atau PC Core i7
24/11/2011 | Indra Febria Widy
article thumbnail

SuperKomputer merupakan komputer yang mempunyai kapasitas, kecepatan perhitungan yang sangat tinggi. Menggabungkan puluhan sampai ratusan ribu processor dengan sistem dan perangkat teknologi tinggi, [ ... ]