Senin, September 01, 2014
Text Size

Search

Update Berita

SSL to secure from hacker attacks

Open-source software developer Kai Engert has proposed an overhaul to the Internet's SSL...

Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

Ada situasi ketika menggunakan internet kita harus benar-benar hemat dengan penggunaan bandwidth ...

Daftar Peserta "Menulis Artikel di WorldFriend hadiah puluhan dollar"

Akhirnya setelah proses seleksi yang ketat dan penjurian yang panjang terhadap tulisan yang...

Kisruh SMS SBY dalam Perseteruan Demokrat-PPI

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono meminta kadernya untuk mewaspadai manuver organisasi...

Domain Anything.id akan segera hadir di tahun 2014

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bersama para pemangku kepentingan di bisnis nama...

Sutarman dilantik Kapolri

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat sore, di Istana Negera melantik Komisaris Jenderal (Pol)...

  • Tips mengatasi bosen dalam pekerjaan

    Kamis, 01 November 2012 00:48
  • Grunt Mars probe stranded in Earth orbit

    Kamis, 10 November 2011 02:40
  • SSL to secure from hacker attacks

    Senin, 27 Februari 2012 14:09
  • Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

    Minggu, 23 September 2012 11:03
  • Daftar Peserta "Menulis Artikel di WorldFriend hadiah puluhan dollar"

    Sabtu, 01 Juni 2013 05:54
  • Kisruh SMS SBY dalam Perseteruan Demokrat-PPI

    Jumat, 25 Oktober 2013 08:28
  • Domain Anything.id akan segera hadir di tahun 2014

    Jumat, 25 Oktober 2013 08:37
  • Sutarman dilantik Kapolri

    Jumat, 25 Oktober 2013 08:42
Pengembangan Produk Tabungan Batara(BTN) Dalam Menghimpun Dana Masyarakat
SocialTwist Tell-a-Friend

Pengembangan Produk Tabungan Batara(BTN) Dalam Menghimpun Dana Masyarakat

Penilaian Pengunjung: / 5
KurangTerbaik 

Sejarah singkat PT. Bank Tabumgan Negara (Persero)

PT. Bank Tabungan Negara (Persero) di dalam perkembangannya telah melalui beberapa fase, yang diawali pada masa pemerintah Hindia Belanda tepatnya pada tanggal 16 Oktober 1987. ditegaskan oleh pemerintah hindia belanda dengan mendirikan Postspaarbank di Batavia yang sekarang dikenal dengan nama Jakarta. Tujuan didirikannya adalah untuk memperkenalkan lembaga perbankan dan mendidik masyarakat agar gemar menabung serta bertujuan sebagai lembaga untuk menyimpan uang yang aman dan mudah dengan jaminan pemerintah. Dana yang terkumpul dari masyarakat diharapkan dapat menjadi modal yang besar.
Hingga penghujung tahun 1931 peranan Postspaarbank didalam menghimpun dana masyarakat terus meningkat. Sampai dengan akhir 1939 dana yang berhasil dihimpun sejumlah Rp.54.000.000,- dan dana tersebut digunakan dalam bentuk surat berharga (obligasi atau promise).

Pada tahun 1942-1945, tentara jepang mengambil alih kekuasaan kolonia belanda dan membentuk Postspaarbank. Sebagai gantinya pemerintah jepang mendirikan Tyokin Kyoku pada tanggal 1 April 1942 dengan tujuan untuk menarik dana masyarakat melalui tabungan dengan cara paksaan. Tetapi cara tersebut tidak sukses, maka Tyokin Kyoku hanya mendirikan satu cabang yaitu cabang yogyakarta. Tyokin Kyoku juga tidak berlangsung lama, karena bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dan mengambil alih Tyokin Kyoku.
Dengan undang-undang darurat No.9 tahun 1950 dilakukan perubahan undang-undang Postspaarbank yang isinya antara lain perubahan nama Tyokin Kyoku menjadi Kantor Tabungan Pos yang diprakasai oleh Bapak Darmosoesanto selaku direktur pertama kantor tabungan pos. Dengan pertimbangan ini maka tanggal 9 Februari 1950 sebagai lahirnya kantor tabungan pos atau yang sekarang dikenal sebagai PT. Bank Tabungan Negara (Persero) melalui ketetapan Direksi BTN No.5/Dir/BIDIR/0993. Pada tahun 1953 melalui undang-undang No.36 Bank Tabungan Pos diganti namanya menjadi Bank Tabungan Negara, dibawah koordinasi pengawasan Departemen Keuangan dan Menteri Usaha Bank Sentral.
Pada tahun 1965 melalui keputusan menteri urusan Bank Sentral No.65/UBS/1965 Bank Tabungan Negara dilebur menjadi Bank Negara Indonesia Unit V. Sebagai unit BNI, Bank Tabungan Negara kehilangan kekuasaan dan wewenang karena Bank Tabungan Negara hanya bertugas pada tabungan pemerintah orde baru Indonesia. 
Berdasarkan surat keputusan menteri keuangan RI No.4/MK/I/VII/1974 tanggal 29 Januari 1974, pemerintah menentukan kebijaksanaan pembangunan perumahan untuk masyarakat menengah kebawah. Untuk menunjang berhasilnya kebijakan tersebut, Bank Tabungan Negara ditunjuk sebagai wadah pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Atas dasar itu Bank Tabungan Negara mengembangkan tugas baru sebagai pemberi kredit, disamping di bidang tabungan.
Pada tahun 1989 Bank Tabungan Negara menjadi Bank Umum melalui Direksi Bank Indonesia No.22/9/DIR/UPG tanggal 29 September 1989. dengan sendirinya Bank Tabungan Negara diperkenankan untuk menghimpun dana masyarakat dalam bentuk giro.
Memasuki tahun 1992 setelah ditetapkan undang-undang pokok perbankan yang baru yaitu undang-undang No.7 tahun 1992 yang tertanggal 25 maret 1992, terjadilah perubahan bentuk hukum Bank Tabungan Negara menjadi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) dengan akte pendirian No.136 tanggal 31 Juli 1992 yang dibuat oleh Muhani Salim, SH Notaris Jakarta.
Pada tahun 1994 melalui surat keputusan Direksi Bank Indonesia No.27/55/KEP/DIR tanggal 23 September 1994 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) telah resmi menjadi Bank Devisa.
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) telah merencanakan tiga sasaran pokok yaitu antara lain : menjadi bank andalan bagi pemerintah, menjadi bank yang dicintai masyarakat dan menjadikan sebuah bank yang disayangi oleh para karyawannya.
Sebagai pedoman dalam rangka mengelola usahanya, Direksi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) telah menetapkan Visi dan Misi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) yang wajib diketahui, dihayati dan diamalkan oleh setiap karyawannya. Adapun Visi dan Misi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) adalah sebagai berikut :
* Visi PT. Bank Tabungan Negara (Persero), yaitu :
- Menjadi bank yang termuka dalam pembiayaan perumahan
- Mengutamakan kepuasan nasabah.
* Misi PT. Bank Tabungan Negara (Persero), yaitu :
- Memberikan pelayanan unggul dalam pembiayaan perumahan dan industri yang terkait, serta menyediakan produk dan jasa perbankan lainnya.
- Menyiapkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan professional serta memiliki integritas yang tinggi.
- Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan nasabah.
- Menyelenggarakan manajemen perbankan yang sesuai dengan prinsip kehati-hatian.
- Memperdulikan kepentingan masyarakat dan lingkungannya

Kegiatan utama bank adalah menghimpun dana masyarakat kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat. Untuk melayani kebutuhan masyarakat baik perorangan maupun badan usaha (perusahaan), PT. BTN (Persero) telah menyediakan berbagai macam fasilitas produk yang terbagi menjadi produk dana, produk jasa dan produk kredit. 
I. Produk Dana
Produk dana yang dimiliki PT. Bank Tabungan Negara (Persero) antara lain :
1. Tabungan Batara

2. Tabanas Batara

3. Tabungan Haji Nawaitu (Batara Haji)

4. Tabungan Batara Pelajar

5. TAPERUM-PNS

6. Tabungan Batara Prima

7. Deposito Berjangka (Rupiah/Valas)

8. Giro (Rupiah/Valas)

9. Sertifikat Deposito

II. Produk Jasa
Produk jasa yang dimiliki PT. Bank Tabungan Negara (Persero) antara lain :

1. Automated Teller Machine (ATM) Batara

2. Kiriman Uang (Transfer)

3. Inkaso Dalam Negeri

4. Inkaso Luar Negeri

5. Save Deposit Box (SDB)

6. Setoran Ongkos Naik Haji (ONH)

7. Transaksi Impor dengan L/C

8. Transaksi Ekspor dengan L/C

9. Jual Beli Valuta Asing

10. Bank Garansi

11. Remittance Service

Menurut Undang-undang RI No.10 tanggal 10 November 1998 tentang perbankan yang dimaksud dengan “Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup orang banyak”.
Kegiatan utama bank adalah menghimpun dan menyalurkan dana, kegiatan tersebut merupakan titik yang paling strategis dalam menentukan berhasil atau tidaknya bank mengembangkan perusahaannya. Untuk itu bank harus dapat menghimpun dana sebesar-besarnya agar dapat mempertahankan perusahaannya di dalam persaingan yang semakin ketat dan dapat menyalurkan dana pada sektor yang membutuhkan pembiayaan.
Dana bank adalah uang tunai yang dimiliki bank ataupun aktiva lancar yang dikuasai bank yang setiap waktu dapat diuangkan. Uang tunai yang dimiliki oleh bank tidak hanya berasal dari modal bank itu sendiri, tetapi juga berasal dari pihak lain yang telah menitipkan serta mempercayakan uangnya kepada bank yang sewaktu-waktu akan diambil kembali.

Dana-dana bank yang digunakan sebagai alat bagi operasional suatu bank bersumber dari dana-dana sebagai berikut :
I. Dana dari Modal Bank Sendiri (Dana Pihak Kesatu)
Dana dari modal bank sendiri adalah dana yang berasal dari pemilik bank atau para pemegang saham, baik pemegang saham pendiri (yang pertama kalinya ikut mendirikan bank tersebut) maupun pihak pemegang saham selanjutnya yang ikut dalam usaha bank tersebut, termasuk pihak pemegang saham publik (jika bank tersebut sudah go public atau merupakan suatu badan usaha terbuka).  
Dana modal sendiri terdiri atas beberapa bagian (pos), yaitu sebagai berikut :
1) Modal Disetor
Modal disetor adalah sejumlah uang yang telah disetor secara efektif yang berasal dari pemegang saham pada saat bank didirikan. Umumnya modal setoran pertama dari para pemilik bank ini sebagian dipergunakan bank untuk sarana perkantoran, peralatan kantor dan promosi.
2) Agio Saham
Agio saham adalah nilai selisih jumlah uang yang dibayarkan oleh pemegang saham baru dibandingkan dengan nominal saham.
3) Cadangan-cadangan
Cadangan-cadangan adalah sebagian keuntungan bank yang disisihkan dalam bentuk cadangan modal dan cadangan lainnya yang digunakan untuk menutup kemungkinan timbulnya resiko dikemudian hari.
4) Laba Ditahan (Retained Earning)
Laba ditahan adalah laba milik para pemegang saham yang diputuskan oleh mereka sendiri melalui rapat umum pemegang saham untuk tidak dibagikan sebagai deviden, tetapi dimasukan kembali dalam modal kerja untuk operasional bank.
II. Dana Pinjaman dari Pihak Luar (Dana Pihak Kedua)
Dana pihak kedua adalah dana-dana pinjaman yang berasal dari pihak luar yang memberikan pinjaman dana (uang) pada bank, yamg terdiri atas dana-dana sebagai berikut :
1) Call Money
Call money merupakan pinjaman dari bank lain yang berupa pinjaman harian antar bank. Pinjaman ini biasanya diminta bila ada kebutuhan mendesak yang diperlukan bank. Jangka waktu call money biasanya tidak lama, yaitu sekitar satu minggu, satu bulan dan bahkan hanya beberapa hari saja. Jika jangka waktu pinjaman hanya satu malam saja maka pinjaman itu disebut Overnight Call Money.
2) Pinjaman Antar Bank
Pinjaman ini umumnya terjadi jika antar bank peminjam dengan bank yang memberikan pinjaman kerjasama dalam bantuan keuangan dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang disepakati kedua belah pihak, jangka waktunya bersifat menengah atau panjang dengan tingkat suku bunga yang relatif lebih lunak.
3) Pinjaman dari Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)
Pinjaman dari LKBB ini lebih banyak berbentuk surat berharga yang dapat diperjualbelikan dalam pasar uang sebelum jatuh tempo.
4) Pinjaman dari Bank Sentral (Bank Indonesia)
Merupakan pinjaman yang diberikan BI kepada bank untuk membiayai usaha-usaha masyarakat yang tergolong berprioritas tinggi, seperti kredit investasi pada sektor-sektor yang harus ditunjang sesuai dengan arah dan prioritas pembangunan, kredit untuk golongan ekonomi lemah dan lain-lainnya, maka BI memberikan dana yang dikenal dengan kredit likuiditas. Kredit likuiditas ini termasuk sumber dana yang tergolong murah (soft loan) yaitu dengan jangka waktu yang relative lama dan dengan suku bunga yang rendah, berkisar antara 3% sampai 4% per tahun.
III. Dana dari Masyarakat (Dana Pihak Ketiga)
Dana-dana yang dihimpun dari masyarakat merupakan sumber dana terbesar yang paling diandalkan oleh ban. Dana dari masyarakat terdiri atas beberapa jenis, yaitu :
1) Tabungan (Saving Deposit)
Tabungan adalah simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarta tertentu.
2) Giro (Deman Deposit)
Giro adalah simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro dan surat perintah lainnya atau dengan cara pemindahbukuan.
3) Deposito (Time Deposit)
Deposito adalah simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan perjanjian. Dilihat dari sudut biaya dana, dana bank yang bersumber dari simpanan dalam bentuk deposito merupakan dana yang relatif mahal dibandingkan dengan sumber dana lainnya. Tetapi kelebihannya sifatnya dapat dikatagorikan sebagai sumber dana semi tetap, karena penarikannya berdasarkan tanggal jatuh tempo sehingga tingkat fluktuasinya dapat diantisipasi.

 


2.2.2 Pengertian Tabungan
Tabungan merupakan salah satu sumber dana bagi bank yang berasal dari masyarakat. Dibeberapa bank produk tabungan dijadikan produk andalan dalam menghimpun dana dari masyarakat karena peranan tabungan sangatlah pontensial. Hal ini tidak terlepas dari karakteristik produk tabungan itu sendiri, dibandingkan dengan giro dan deposito.
Menurut UU No.10 Tahun 1998 Tentang Perbankan Bab I Pasal I Butir 5 “Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat lain yang dapat dipersamakan dengan itu”.
Menurut Muchdarsyah S “Tabungan adalah simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dengan syarat tertentu”.
Menurut Lapoliwa dan Kuswandi “Tabungan adalah simpanan masyarakat yang penarikannya dapat dilakukan oleh si penabung sewaktu-waktu dikehendaki”.
Dari pengertian-pengertian diatas dapat di ambil kesimpulan bahwa tabungan adalah simpanan masyarakat pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan berdasarkan syarat-syarat tertentu yang telah disepakati oleh bank dan nasabah dimana nasabah akan mendapat kontraprestasi berupa bunga.  


2.2.3 Pengembangan Produk
Pengembangan produk merupakan strategi perusahaan untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk baru yang merupakan perbaikan produk, modifikasi produk dan merek baru yang dikembangkan perusahaan melalui dapertemen penelitian dan pengembangan milik perusahaan sendiri.
Terdapat tiga alasan yang membuat sebuah perusahaan harus menjalankan strategi pengembangan produk. Alasan tersebut adalah adanya perubahan selera, teknologi dan persaingan. Adanya perubahan selera konsumen menjadikan konsumen merasa jenuh akan produk lama yang perusahaan tawarkan, sehingga menuntut perusahaan agar dapat mengeluarkan produk baru sesuai selera konsumen. Dengan teknologi yang semakin canggih juga membuat perusahaan mengeluarkan produk baru yang memberikan kemudahan pada konsumen dalam bertransaksi dengan cepat dimana saja dan kapan saja. Adanya persaingan yang semakin ketat, yaitu adanya produk-produk sejenis yang mulai bermunculan, sehingga membuat perusahaan mengeluarkan produk baru yang memiliki keunggulan berbeda dengan produk lainnya.
Ada dua cara yang dapat ditempuh dalam strategi pengembangan produk. Cara pertama adalah melalui akuisisi yaitu dengan membeli suatu perusahaan, hak paten atau lisensi untuk memproduksi produk yang semula dihasilkan oleh perusahaan lain. Cara kedua adalah dengan pengembangan produk menjadi produk baru melalui pembentukan penelitian dan pengembangan produk milik perusahaan sendiri.  
Dalam hal ini kita akan memusatkan perhatian pada cara kedua yaitu pengembangan produk menjadi produk baru. Produk baru yang dimaksud adalah produk asli yang betul-betul baru, produk yang disempurnakan, produk yang dimodifikasi atau produk dengan merek baru.

 

Dengan adanya perubahan selera konsumen, teknologi dan persaingan yang sangat pesat, membuat PT. BTN (Persero) harus mengembangkan secara terus-menerus produk dan jasanya agar PT. BTN (Persero) dapat eksis di dunia perbankan.
PT. BTN (Persero) dalam melakukan pengembangan produknya yaitu melalui Depertemen Riset dan Pengembangan milik perusahan sendiri. Tujuan pengembangan produk yang dilakukan oleh PT. BTN (Persero) adalah untuk meningkatakan sumber dana bank. Salah satu dari pengembangan yang dilakukan PT. BTN (Persero) yaitu pengembanga produk tabungan batara.
Di dalam mengembangkan produk tabungan batara , PT. BTN (Persero) membentuk Tim Pengembangan Produk yang disetujui oleh direksi PT. BTN (Persero) yaitu Fatchudin dan Freddy Satiya.
Dahulu PT. BTN (Persero), di dalam memasarkan suatu produknya yaitu dengan cara menetapkan segmen dan target pasar yang dituju, karakteristik produk yang ditawarkan dibandingkan dengan produk pesaing serta jenis bauran pemasaran yang tepat untuk target pasat tersebut. Sehingga PT. BTN (Persero) hanya menghasilkan Tabanas Batara untuk daerah perdesaan dan Tabungan Batara untuk daerah perkotaan. Karena hanya dilihat pada geografis saja maka fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh PT. BTN (Persero) sama saja terhadap nasabahnya. Berdasarkan hasil analisa tim pengembangan produk yang meliputi analisa internal dan eksternal maka PT. BTN (Persero) harus memperhatikan segmen dan target pasar di dalam mengembangkan suatu produknya.
Alasan lain PT. BTN (Persero) di dalam mengembangkan produknya yaitu PT. BTN (Persero) menerima permintaan dari pihak yang memiliki dana lebih, sehingga PT. BTN (Persero) harus melihat segmen pasar yang merupakan perubahan dari selera nasabah. Nasabah yang mempunyai dana lebih tidak melihat hadiah yang akan diberikan, tapi mereka menginginkan suku bunga yang besar serta keunggulan-keunggulan yang berbeda yang diberikan oleh bank lain.
Dengan memperhatikan kondisi tersebut, maka PT. BTN (Persero) ingin memberikan kepuasan kepada nasabahnya, sehingga PT. BTN (Persero) merasa perlu meluncurkan produk baru dengan cara pengembangan produk melalui departemen riset dan pengembangan milik perusahaan sendiri.

Comments
Add New Search
Mr Sam Wiliams  - loan offer   |125.160.112.xxx |2010-07-29 07:20:53
Adakah anda seorang usahawan atau wanita? Adakah anda dalam tekanan kewangan
atau anda memerlukan dana untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda
memerlukan pinjaman untuk menjelaskan hutang atau membayar bil anda atau
memulakan perniagaan yang baik?

Adakah anda mempunyai skor kredit yang rendah
dan anda kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank tempatan dan institusi
kewangan lain? Adakah anda memerlukan dana pinjaman atau kerana sebarang sebab
mr perry  - loan   |141.101.98.xxx |2014-07-04 10:20:49
Hello, saya Encik perry, pemberi pinjaman pinjaman peribadi yang
memberikan
pinjaman peluang masa hidup.
Sama ada anda memerlukan pinjaman segera untuk
membayar hutang anda atau anda memerlukan pinjaman
untuk meningkatkan
perniagaan anda?
anda telah ditolak oleh
bank-bank dan institusi kewangan
lain?
Adakah anda memerlukan pinjaman penyatuan atau gadai janji?
mencari lagi
kerana kami berada di sini untuk membuat semua perkara masalah kewangan anda

masa la...
Mrs Mary  - loan offer   |141.101.98.xxx |2014-08-27 17:27:34
Halo, saya Mrs Mary Cole pemberi pinjaman pinjaman swasta yang
memberikan
pinjaman kesempatan waktu hidup.
Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak
untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal
untuk
meningkatkan bisnis Anda?
Anda telah ditolak oleh
bank dan lembaga keuangan
lainnya?
Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
mencari
lagi karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda
sesuatu
...
mr oliver  - loan offer   |141.101.98.xxx |2014-08-27 18:56:07
Halo, saya Oliver Smith i memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
Apakah
Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda
membutuhkan pinjaman modal.
untuk meningkatkan bisnis Anda?
  Apakah Anda
pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda memerlukan
pinjaman konsolidasi atau hipotek?
Hari ini, kita katakan berhenti dan mencari
lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari...
mr oliver  - loan offer   |141.101.98.xxx |2014-08-27 18:56:51
Halo, saya Oliver Smith i memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
Apakah
Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda
membutuhkan pinjaman modal.
untuk meningkatkan bisnis Anda?
  Apakah Anda
pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda memerlukan
pinjaman konsolidasi atau hipotek?
Hari ini, kita katakan berhenti dan mencari
lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari...
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Berita lain-lainnya

Google kembali mengakusisi situs jual beli berbasis social network
30/11/2010 | World Friend Indonesia
article thumbnail

Google dilaporkan telah membeli Groupon sebesar USD2,5 miliar. Rumor ini beredar berdasarkan sebuah laporan dari 'sumber terpercaya' yang paham akan situasi ini.  Pembelian yang belum dikonfirmasikan [ ... ]


Para wanita Open Source Programing
11/03/2011 | World Friend Indonesia
article thumbnail

Sejak lama dunia open source maupun programming identik dengan laki-laki. Seorang geek (kutu tekno) akan digambarkan sebagai laki-laki berwajah culun dengan kacamata tebal dan bertemankan laptop at [ ... ]