Rabu, November 21, 2018
Text Size

Search

Berita Teknologi

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

6 Langkah Mudah Untuk Mendeteksi Website Penipuan

Suara.com - Internet ibarat pedang bermata dua. Jika tak hati-hati menggunakannya, Anda bisa...

Domain Anything.id akan segera hadir di tahun 2014

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bersama para pemangku kepentingan di bisnis nama...

Yahoo kembali bangkit

Situs web Yahoo unggul 3 bulan berturut-turut sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi di...

  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • 6 Langkah Mudah Untuk Mendeteksi Website Penipuan

    Jumat, 29 Juli 2016 10:22
  • Kapan Mobil Bisa Jalan Sendiri Dijual di Indonesia?

    Jumat, 29 Juli 2016 10:17
  • Domain Anything.id akan segera hadir di tahun 2014

    Jumat, 25 Oktober 2013 15:37
  • Yahoo kembali bangkit

    Jumat, 25 Oktober 2013 15:34
News Berita Teknologi Nusantara Online game produk Indonesia
SocialTwist Tell-a-Friend

Media Partner News

OkeZone.Com

Ads - World Friend

Nusantara Online game produk Indonesia

Penilaian Pengunjung: / 4
KurangTerbaik 

Game online berlatar sejarah kerajaan nusantara, Nusantara Online ternyata dibangun di atas beberapa software engine berbasis open source oleh beberapa pengembang lokal.

Menurut Creative Director Nusantara Online Victor Junaidy, Nusantara Online menggunakan engine bernama ANother Game Engine Library atau disingkat ANGEL. "Kami mulai membangun ANGEL sejak 2006. Saat itu kami mengembangkannya dengan kawan-kawan di Sangkuriang Studio Bandung.

ANGEL, kata Victor, dibuat dengan engine-engine open source, antara lain engine grafis tiga dimensi (3D) OGRE, dan engine audio OpenAL (open Audio Library).

Dengan engine ini, game Nusantara Online diklaim sebagai game MMORPG pertama dengan 100 persen konten lokal, yang memiliki kemampuan setara dengan game-game Massively Multiplayer Online Role-Playing (MMORPG), game kelas dunia.

Direktur Utama Nusantara Online Heru Nugraha memisalkan, bila World of Warcraft adalah 'Mercedez'-nya MMORPG, sementara Nusantara Online seperti 'Kijang Innova'-nya MMORPG. "Bisa diklaim kita sudah di memenuhi standar sebuah game MMORPG," katanya.

Pada proses pengembangannya, Heru mengakui bahwa Nusantara Online sempat mengalami kendala-kendala. Pada 2009 dan 2010, Nusantara Online sempat melakukan ujicoba ke publik, dan mengalami kegagalan karena banyak dijumpai bug (cacat program). Saat itu, game mereka 'ngadat' ketika dimainkan oleh begitu banyak pemain, dalam waktu yang sama.

"Kami menyadari bahwa membuat game MMORPG memang bukan hal yang mudah," kata Heru. Namun, Heru berjanji, kali ini game mereka sudah banyak mengalami perbaikan. Ia optimistis bahwa Nusantara Online tetap stabil walau dimainkan oleh sekitar 100 ribu pengguna dalam saat bersamaan (concurrent user).

 

Nusantara online adalah game yang mengambil latar cerita dari sejarah kerajaan-kerajaan nusantara. Pada game yang sempat meraih penghargaan di INAICTA itu pemain bisa memainkan karakter seorang ksatria, resi, atau pedagang, di zaman kerajaan Sriwijaya, Majapahit, atau Pajajaran.

 

Kini, Nusantara Online didukung oleh sekitar 45 orang pengembang yang menangani engine dan gameplay. Untuk pendalaman cerita sejarah, Nusantara Online didukung oleh didukung oleh Tim Wacana Nusantara.

Untuk menelusuri kebenaran sejarah, kata Heru, mereka bahkan seringkali melakukan penelusuran dan riset ke berbagai negara, misalnya ke Tibet, atau ke peninggalan kerajaan Champa di Vietnam.

Hal itu, Heru mengaku, dilatari oleh keprihatinannya atas semakin kaburnya identitas bangsa. Pada suatu hari, Heru menguji pengetahuan anaknya atas tokoh sejarah bernama Prabu Siliwangi. Ternyata anaknya mengenal Siliwangi hanya sebatas sebagai sebuah nama jalan di Bandung.

"Bukannya kami terpaku dengan masa lalu. Tapi, sejarah kita membuktikan bahwa masyarakat kita tidak pernah belajar dari sejarah. Dengan Nusantara Online, kami ingin agar kita bisa belajar dari sejarah,"

Comments
Add New Search
bob  - Nusantara Online game produk Indonesia - World Fri   |172.68.46.xxx |2017-02-02 06:09:39
This is just a tribute. I love that song.
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

lighttpd
03/11/2009 |
article thumbnail

Kembali pada bulan Februari 2003 saya (Jan) telah menyelesaikan tesis. Writing a thesis is as far as I can say the most frustrating job you can do. Menulis tesis adalah sebagai Sejauh yang saya dapat  [ ... ]


Tahun Depan Haji Lebih Nyaman
02/12/2009 |
article thumbnail

  Warga yang belum memperoleh kesempatan menunaikan ibadah haji sampai kini tidak perlu kecewa, karena pemerintah Arab Saudi terus membangun prasarana dan melengkapi fasilitas peribadata [ ... ]